Tahapan Proses Produk Baru Yang Membawa Pada Kesuksesan

1. Idea Generation (Konsep)

Proses pengembangan produk baru dimulai dengan ide atau konsep. Darimana datangnya ide-ide baru? Mereka dapat berasal dari karyawan, vendor, pelanggan saat ini dan pelanggan potensial, manajemen, pesaing, dan ya, keluarga dan teman.

TINDAKAN: Tim Pengembangan Produk harus memiliki dan / atau membuat sistem untuk menangkap semua ide dan menilai konsep berdasarkan kepentingan perusahaan.

2. Penyaringan Ide

Langkah 2 adalah penyaringan gagasan. Langkah ini adalah bagian dari proses untuk menyaring “ya” dan “tidak”. Proses ini penting untuk mengurangi konsep dan memilih yang layak. Proses ini bisa memakan waktu beberapa hari atau minggu, tergantung pada perusahaan dan tinjauan persetujuan. Konsep yang dipilih adalah yang dirasakan perusahaan akan berubah menjadi layanan atau produk yang menguntungkan.

TINDAKAN: Apa yang terjadi pada konsep yang tidak dipilih? Mereka harus disimpan untuk kemungkinan peluang masa depan. Perusahaan tidak boleh membuang ide; mereka mungkin berharga nanti atau untuk pelanggan masa depan.

3. Pengembangan dan Pengujian Konsep

Produk “ya” pindah ke tahap pengembangan dan pengujian. Apa target pasar, ini akan menentukan konsep apa yang dikembangkan dan diuji.

 Mengembangkan konsep:

Misalnya, jika konsepnya adalah widget – adalah single pasar target Anda; pasangan menikah; manula, dll. Jika tidak teridentifikasi, akan sulit untuk menguji dan menyajikan kasus bisnis Anda.

Konsep harus diputuskan menjadi bermakna. Pada sub-tahap berikutnya, konsep diuji.

– Menguji konsep:

Untuk menguji, target pelanggan Anda harus diidentifikasi. Pelanggan potensial dapat menguji berbagai konsep, gambar produk, uji produk fisik, dan penggunaan produk. Selama pengujian, beberapa pertanyaan harus diajukan; termasuk – apakah ada kebutuhan atau keinginan konsumen?

AKSI: Ketahui kebutuhan pelanggan Anda untuk mendapatkan hasil pengujian yang akurat dari produk.

4. Pengembangan Strategi Pemasaran

Langkah 4 adalah di mana tim akan merancang strategi pemasaran untuk memperkenalkan produk / layanan ke pasar. Strategi pemasaran harus dipikirkan secara hati-hati dan akan bekerja dengan tim lain pada biaya, sumber daya, dan garis waktu:

a) Siapa target pasar, penjualan yang diharapkan dan pangsa pasar dan laba atas investasi / laba yang diperkirakan selama 1-5 tahun.

b) Rencana jangka pendek untuk produk / jasa – harga (beberapa model keuangan dapat dibuat untuk tes harga), anggaran (termasuk penelitian, biaya peluncuran, biaya staf) untuk tahun pertama.

c) Jangka panjang untuk produk / layanan – penjualan, ekspektasi laba, dan kemungkinan keluar.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *